Semua Hal Tentang Uang

analisatrading.com

a. Pengertian Uang
Uang adalah suatu benda yang dapat diterima masyarakat secara umum sebagai alat pembayaran yang sah. Jenis uang terdiri atas uang kartal dan uang giral. Uang kartal terdiri atas uang kertas dan uang logam. Uang kartal diterbitkan oleh otoritas keuangan nasional atau bank sentral. Uang giral diterbitkan oleh bank umum dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Contoh uang girak adalah cek dan bilyet giro.

b. Fungsi Uang
Fungsi uang dapat dikelompokan menjadi fungsi asli dan fungsi turunan. Uang memiliki fungsi asli sebagai alat tukar dan satuan nilai. Fungsi turunan uang terdiri atas uang sebagai alat pembayaran utang, alat penimbun kekayaan, dan alat pemindah kekayaan.

c. Motif Memegang Uang Tunai
Menurut teori John Maynard Keynes, terdapat tiga motivasi seseorang memegang uang yaitu untuk transaksi, berjaga-jaga, dan spekulasi (memperoleh keuntungan). Pada motif transaksi , masyarakat membutuhkan uang untuk membayar pembelian yang dilakukannya. Permintaan yang dengan tujuan transaksi dipengaruhi oleh pendapatan. Pada motif berjaga-jaga, uang digunakan untuk menghadapi masalah yang mungkin timbul pada masa yang akan datang. Pada motif spekulasi, masyarakat memilih melakukan permintaan uang karena keinginan berspekulasi untuk mendapatkan keuntungan pada masa depan. Motif spekulasi dipengaruhi tingkat suku bunga.

d. Jenis Uang Beredar
Uang terdiri atas M1 (uang kartal + uang giral), M2 (M1+uang kuasi), dan M3 ( M2 + deposito berjangka nonbank).

e. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran Uang
1) Faktor yang memengaruhi permintaan uang antara lain selera masyarakat, kekayaan masyarakat, perkiraan harga pada masa depan, tersedianya fasilitas kredit, dan sistem atau cara pembayaran yang berlaku.
2) Faktor yang memengaruhi penawaran uang antara lain tingkat suku bunga bank, tingkat inflasi dan deflasi, tingkat produksi dan pendapatan nasional, serta struktur ekonomi.

f. Teori Permintaan Uang Menurut Irving Fisher (Teori Kuantitas Uang)
Teori kuantitas uang yang dicetuskan oleh Irving Fisher dapat dinyatakan dalam persamaan berikut.

MV = PT

Keterangan:
M = jumlah uang beredar
V = kecepatan peredaran/perputaran uang
P = tingkat harga barang
T = Jumlah barang yang dihasilkan

Teori kuantitas uang menyatakan bahwa adanya perubahan jumlah uang beredar disebabkan perubahan nilai uang atau tingkat harga. Dalam teori ini (V) dan (T) dianggap tetap karena perekonomian selalu berada pada kesempatan kerja penuh (full empolyment)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Semua Hal Tentang Uang"