Pengalaman Upgrade Kartu Telkomsel di Grapari

Grapari Pemalang
Grapari Pemalang

Assalamualaikum 

Postingan lama 1 bulan yg lalu
Kemarin tepatnya saya baru saja datang ke Grapari telkomsel di daerah saya. ini adalah penglaman pertama saya datang ke salah satu kantor cbang operator telekomunikasi. anehnya saya baru tahu kalo di daerah saya ada grapari telkomsel setelah saya browsing di google dan menanyakannya langsung pada ibu saya. maklum saja, kota tempat saya tinggal memang kurang populer di Indonesia, khususnya jawa tengah.

Tujuan saya datang ke grapari adalah untuk upgrade kartu saya menjadi 4G. sebenernya saya ngga ada niatan buat kesini. karena beberapa penjelasan artikel yg saya baca, untuk upgrade kartu sim telkomsel kita tidak perlu datang ke grapari, melainkan bisa lewat kartu perdana khusus yang dijual di konter-konter pulsa. Tapi memang penjualan kartu ini dibatasi guys. ngga semua penjual punya hak buat jual kartu ini, hanya penjual-penjual tertentu.

sebelum ada niatan untuk pergi ke grapari, malamnya saya coba searching di google pelapak yang jual kartu grapari di olshop. harganya pun lumayan. Mulai dari 15 ribu sampai 60ribu. Kenapa harganya mahal menurut pelapak jika kartunya sudah diisi oleh paket data, jadi harganya lebih mahal. tapi sobat bisa membeli kartu upgrade lebih murah jika membelinya melalui sales-sales yang biasanya muncul dalam event-event tertentu, salah seorang blogger bilang jika dia mendapatkan kartu upgrade dengan harga yg sangat murah, yaitu 3.500. Tapi sepertinya sekarang sudah jarang kita temui sales telkomsel yang berkeliaran pada event-event.

Lanjut ke judul

Setlah mempertmbangkan biaya ongkir dan cara mendapatkan kartu upgrade ini yg ckup ribet, akhirnya saya memutuskan untuk langsung datang ke grapari terdekat di daerah saya.

Seperti biasa, sebelumnya saya browsing-browsing buat mencari review atau pengalaman orang-orang yang pernah upgrade kartunya langsung di gerai telkomsel.
Salah satu blogger mengatakan tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk upgrade kartu menjadi 4G, tapi kita hanya diwajibkan untuk mengisi pulsa sebesar 20.000 pada nomer yang sudah kita upgrade. Sang blogger juga menjelaskan, jika upgrade tidak diwajibkan mengisi pulsa jika kita melakukannya lewat mesin yang sudah disediakan khusus untuk upgrade, sejenis mesin ATM.

Setlah berbekal pengalaman dan info yang saya baca di internet, besoknya saya langsung meluncur ke grapari telkomsel di daerah saya.

Setelah sampai di grapari, yang pertama saya lihat adalah deretan ruko kecil di pinggir jalan yang ramai. Khusus untuk ruko grapari bagian pintu depan full kaca, sehingga aktifitas pegawai dan konsumen terlihat jelas dari luar. Bagian depan ruko juga terdapat semacam papan berisi informasi bahwa ruko ini menjual pulsa telkomsel dengan harga murah. Pulsa yang 10ribu = 10ribu, 20rb = 20rb dan seterusnya.

setelah membuka pintu saya langsung disambut oleh pegawai grapari dan menanyakan tujuan saya datang kesitu. Setelah menanyakan tujuan, ada pertanyaan lain yang wajib ditanyakan pegawai tadi pada saat pelanggan yg datang,  dia menanyakan apakah kit membawa ktp asli atau tidak, jika membawa ktp, sobat akan langsung diberikan nomer antrian dan bisa menunggu di meja tunggu.

setelah menunggu sekitar lima menit, tibala giliran saya.

Hampir sama seperti pegawai pertama, pada pegawai kedua ini saya ditanya soal tujuan saya, dan setelah itu mbak cantik langsung memint nomer saya untuk di cek di database. Selain itu, mbaknya juga menanyakan tentang nominal pengisian pulsa yang terakhir sobat lakukan.

Tibalah saat-saat paling mendebarkan, yaitu tahap akhir.

Jadi setelah proses diatas nomer lama sobat langsung dimatikan dan otomatis tidak aktif lagi. Artinya, kartu perdana yang ada di dalam hp sobat sudah di nonaktifkan dan berpindah ke kartu sim card yang mbaknya pegang. Perlu diingat, upgrade nomer bukan berarti nomer kita sebelumnya hilang. Nomer kita masih tetap seperti sebelum upgrade, hanya saja ada pembaharuan fitur baru, yaitu dalam hal ini adalah dukungan 4G.

Syarat selanjutnya cukup membuat kaget guys. Jadi salah satu syarat upgrade kartu adalah sobat harus mengisi paket sesuai dengan apa yang mbaknya perintahkan. Dalam hal ini sobat akan diberikan pilihan kartunya mau di daftarkan paket nelpon atau internet. Kedua paket yang dijelaskan mbaknya memang harganya cukup mahal menurut saya, karena saya belum pernah mengisi paket data sebesar itu seumur hidup.

Tidak perlu pikir panjang, saya langsung memilih paket data dengan kuota 7GB seharga 62.000. Karena pada saat pembelian paket dalam nomer saya sudah ada pulsa 4000 jadi mbaknya meminta saya mengisi pulsa sebesar 60.000 saja untuk aktivasi paket.

Memang aturannya berbeda dengan pengalaman blogger yang saya jelaskan diatas, cukup dengan isi pulsa 20ribu, upgrade kartu bisa dilakukan dengan lancar. Jadi mungkin setiap grapari aturannya berbeda-beda. Mungkin.

Setelah proses diatas. Mbaknya memberikan kartu perdana, sambil mengarahkan saya untuk membayar pulsa di mejar kasir yang sudah tersedia. Setlah itu mbaknya berdiri dari tempat duduknya sambil mengucapkan terimakasih. Cukup unik memang. kenapa harus berdiri dulu, mungkin agar lebih sopan.

Oke dari pengalaman diatas, ada beberapa poin yang perlu saya sampaikan jika sobat akan pergi ke gerai operator telekomunikasi. Tidak terbatas pada grapari saja, melainkan untuk semua operator. Saran saya, sebelum pergi ke gerai siapkan data-data yang dibutuhkan (KTP-wajib). Jangan lupa uang yang sobat bawa cukup, minimal 100 ribu. Dan jangan lupa pakai parfum. hehe. 

Untuk proses upgrade sendiri sebenarnya tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Kewajiban mengisi paket sebesar 60ribu itu hanyalah syarat yang ditetapkan grapari di daerah saya. Saya kurang tahu apakah setiap grapari aturannya sama atau tidak. Paket yang saya dapat juga tidak mengecewakan, dan saya cukup puas.

Dari uang 60 ribu tadi saya mendapatkan 1gb videomax, paket flash (kuota internet lokal) 3,5gb, kuota flash 4G sebesar 7.1gb, dan terakhir kuota flash sebesar 500 mb. Jika di total, kuota yang saya dapat lebih besar dari yang mbaknya katakan tadi yaitu sebesar 7gb.

Untuk yang belum tahu apa itu kuota internet lokal, kuota ini adalah kuota yang berlaku pada daerah dimana sobat mengaktifkan paket. Contohnya: sobat mendapatkan paket kuota internet lokal pada saat pembelian paket di daerah jakarta, lalu apabila sobat pergi ke Riau paket ini otomatis tidak bisa digunakan karena beda daerah. Saya kurang tahu batasan daerah disini maksudnya seperti apa. Apakah antar kabupaten atau provinsi. Tapi ada blogger yang mengatakan cakupan paket ini adalah provinsi. Jadi sobat tidak perlu khawatir karena cakupannya cukup luas sehingga kuotanya masih bisa kepake.

Oke itu aja yang bisa saya share, kalo ada yang mau ditnyakan seputar artikel ini bisa ditanyakan di kolom komentar. Siapa tahu saya bisa bantu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Upgrade Kartu Telkomsel di Grapari"