Apa Itu Bank Syariah?

Bank Syariah
Assalamu'alaikum

Karena saya kuliah di jurusan Perbankan Syariah, sepertinya kurang afdol kalau blog ini hanya saya isi dengan postingan-postingan yang berisi hobi dan pengalaman saya saja. Sebagai salah satu pelaku ekonomi syariah yang nantinya akan turun langsung ke masyarakat, saya dituntut untuk bisa menjelaskan apa itu perbankan syariah dan ekonomi syariah kepada masyarakat Indonesia khususnya. Melalui postingan ini, saya berharap para sobat yang membaca bisa sedikit mengetahui apa itu bank syariah.

Bank Islam adalah bank yang beroperasi tanpa mengandalkan bunga. Bank syariah juga dapat diartikan sebagai lembaga keuangan atau perbankan yang operasional dan produknya dikembangkan berlandaskan al-Quran dan Hadits nabi saw. Syafi’i Antonio dan Purwataatmadja membedakannya menjadi 2 pengertian, yaitu bank Islam dan bank yang beroperasi dengan prinsip syariah Islam. Bank Islam adalah bank yang beroperasi dengan prisnip syariah Islam dan tata cara beroperasinya mengacu pada ketentuan-ketentuan al-Quran dan al-Hadits. Adapun bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah Islam adalah bank yang dalam beroperasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariat Islam, khususnya yang menyangkut tata cara bermualamah secara Islam.

Bank syariah merupakan salah satu bentuk dari perbankan nasional yang mendasarkan operasionalnya pada syariat (hukum) Islam. Menurut Schaik, bank Islam adalah sebuah bentuk dari bank modern yang didasarkan pada hukum Islam yang sah, dikembangkan pada abad pertama Islam, menggunakan konsep berabagi risiko sebagai metode utama, dan meniadakan uang berdasarkan kepastian serta keuntungan yang ditentukan sebelumnya.

Islam merumuskan sistem ekonomi yang berbeda dengan sisitem lain. Ekonomi Islam memiliki akar dari syariah yang menjadi sumber dan panduan bagi setiap muslim dalam melaksanakan aktivitasnya. Islam memiliki tujuan syariah (maqashid al-syari’ah) serta petunjuk operasional (strategi) untuk mencapai tujuan tersebut. Selain mengacu pada kepentingan manusia mencapai kesejahteraan dan kehidupan yang lebih baik, tujuan itu juga memiliki nilai yang sangat penting bagi persaudaraan dan kedailan sosio-ekonomi serta menuntut tingkat kepuasan yang seimbang antara materi dan rohani.

Berdasarkan dasar tersebut, sistem ekonomi syariah dalam membangun jaringan transaksinya yang disebut “akad-akad syariah” memiliki standar istilah yang bersumber dari Al-Quran dan hadis.

Sumber Adiwarman A. Karim - Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan - Jakarta: PT RajaGrafindo Persada - 2014

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Apa Itu Bank Syariah?"