Tips Agar Cepat Tidur di Malam Hari

susah tidur
via psychprofessionals.com.au

Assalamu'alaikum

Banyak dari kita termasuk saya yang sering kesulitan tidur di malam hari, ngga tahu apa penyebabnya meskipun badan sudah terasa lelah, kasur juga udah nyaman, suasana udah tenang banget tapi mata malah ngga mau diajak merem, apalagi jika besok harus bangun pagi yang memaksa kita harus cepat tidur agar besok tidak telat bangun. Padahal kurangnya tidur yang berkualitas cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari seperti emosi yang tidak stabil, cepat stress, merasa lelah, kurang fokus, kurang produktif, bahkan depresi. Tentunya kita tidak ingin masalah-masalah tadi mengganggu aktivitas kita. Tapi sekarang tidak perlu khawatir karena disini saya akan share beberapa rangkuman tips agar cepat tidur untuk kalian yang menderita insomnia atau mungkin hanya kesulitan tidur biasa. Dengan begitu tidur anda akan lebih cepat dan berkualitas sehingga tidak mengganggu aktivitas anda esok hari.

Berikut tips yang berhasil saya rangkum dari beberapa sumber dan narasumber. Tips dibawah ini sudah saya coba sendiri dan cukup efektif membuat saya tertidur lebih cepat. Pastikan anda sudah membersihkan kamar dan tempat tidur sebelum melakukan tips ini agar nantinya tidak terganggu, seperti menyediakan obat nyamuk.

Tips pertama, saat sudah berbaring miringkan badan Anda (saran saya ke kanan, tapi tergantung selera Anda), setelah itu tarik napas yang dalam dan tahanlah selama Anda bisa lalu keluarkan secara perlahan-lahan, lakukan cara ini 3 kali. Hal ini karena karbondioksida akan berkumpul  dan menginduksi tidur secara alami.

Tips kedua, yaitu mendengarkan musik atau suara-suara yang membuat pikiran Anda nyaman, musik akan membuat pikiran kita mengkhayal dan mengembara tanpa batas sehingga pikiran lelah dan otomatis tertidur. Tapi jangan sampai musik terus berputar sampai pagi hari karena bisa membuat Anda letih, hal ini terjadi karena otak tidak berhenti bekerja saat tidur.

Tips ketiga, sebelum tidur minumlah susu atau makanlah pisang, karena keduanya mempunyai kandungan yang akan membuat tidur kita lebih nyenyak.

Tips keempat, membayangkan kematian, mungkin cara ini cukup mengerikan tapi dengan membayangkan kehidupan setelah ini pikiran kita akan lebih rileks terasa tanpa beban, kita akan lebih bersyukur dengan kehidupan yang kita sudah capai hari ini, kita juga akan introspeksi diri tentang apa yang sudah kita capai selama ini dan efeknya untuk tubuh yaitu rileks dan tenang.

Tips kelima, biasakan sikat gigi dan cuci kaki karena itu akan membuat tubuh menjadi segar dan membuat kita nyaman untuk tidur. Setelah itu minumlah air dingin agar tubuh lebih rileks.

Tips keenam, jangan berfikir hari esok atau hari kemarin, biasanya kita sulit tidur dikarenakan besoknya ada acara yang membuat kita grogi atau acara yang menyenangkan sehingga sebelum acaranya dimulai malamnya kita sudah membayangkan hal-hal apa saja yang akan terjadi esok hari. Sadarilah bahwa kita ada disini diwaktu sekarang, kita tidak hidup di hari esok atau kemarin, kemarin hanyalah kenangan dan esok adalah misteri.

Tips ketujuh, jika cara-cara diatas masih sulit membuat anda tertidur maka tips terakhir adalah minum obat tidur. Tentunya obat tidur tidak disarankan untuk jangka panjang karena berbahaya untuk kesehatan.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat kualitas tidur juga akan berkualitas, tidur yang baik tidak bisa didapatkan dengan instan harus ada kebiasaan baik dari diri sendiri untuk melatih tubuh dan pikiran agar lebih baik.

Hanya itu yang bisa saya share dan ingat tips ketujuh tidak saya sarankan, untuk lebih jelasnya bisa menanyakan kepada dokter. sekian dan terimakasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Agar Cepat Tidur di Malam Hari"