Cara Merawat Laptop Jadul / Lawas dengan Mudah

laptop jadul, laptop tua, laptop lawas

Assalamu'alaikum

Laptop lawas merupakan barang antik yang perawatannya pasti berbeda dengan laptop/komputer keluaran terbaru, RAM yang kecil, kipas yang terdengar berisik, processor model lama, terbatasnya aplikasi dan game, dan cepat panas merupakan ciri-ciri dari laptop keluaran lama. Penggunanya juga semakin hari-semakin berkurang dengan semakin banyaknya laptop2 baru dengan harga yang cukup terjangkau. 

Pada kesempatan kali ini saya mau share sedikit tentang tips bagaimana cara merawat laptop lawas dengan mudah dan murah sehingga dapat memperpanjang umur perangkat ini.

1. Jangan gunakan laptop terlalu lama
Laptop keluaran lama biasanya mempunyai processor yang kurang mendukung dari segi pendinginan, contohnya milik saya Acer 4732z yang jika digunakan terlalu lama akan otomatis shutdown sendiri, jika terus dibiarkan tentunya tidak baik untuk processor harddisk dan perangkat keras lainnya yang berada di dalam laptop. Kecuali menggunakan laptop di ruangan ber-AC mungkin tidak apa.

2. Upgrade RAM
Semakin banyaknya aplikasi yang berat membuat performa dari laptop akan berkurang, kebiasan menggunakan laptop dalam keadaan ngelag tentu tidak bagus karena akan memaksa perangkat untuk bekerja ekstra keras sehingga umur perangkat akan semakin berkurang, sehingga perlu dilakukan upgrade untuk RAM. Sama dengan RAM yg perlu di upgrade, hardisk yang cepat panas dan adanya suara aneh yang timbul seperti "kletik" menandakan kemampuannya mulai berkurang, tapi untuk memastikannya bisa menggunakan aplikasi pengecek hardisk yang banyak tersedia di internet.

3. Processor Power Management
Fitur ini sangat berguna bagi pengguna khususnya perangkat lama, fungsi dari fitur ini adalah menurunkan kemampuan processor, sehingga daya dan tenaga pastinya akan berkurang yang nantinya akan diimbangi dengan menurunnya suhu perangkat. Bagi yang masih menggunakan ram dibawah 2 GB saya tidak menyarankan fitur ini karena akan membuat perangkat semakin lambat karena seperti yang saya katakan tadi fitur ini akan menurunkan kemampuan perangkat. Saya sendiri harus menambah RAM menjadi 3 gb agar fitur ini berjalan dengan lancar tanpa mengganggu fungsi perangkat, laptop saya yang sebelumnya selalu mati setiap 2 jam pemakaian menjadi normal kembali, bahkan saya pernah gunakan sampai setengah hari penuh masih lancar-lancar aja. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke control panel cari
power options lalu pilih change plan settings selanjutnya pilih change advanced power settings

Setelah terbuka, cari processor power management dan pilih maximum processor. Pada bagian ini masukan angka sesuai kebutuhan dan kemampuan laptop/komputer, kalo saya On battery dan Plugged in 20%, semakin rendah angka semakin berkurang kemampuan processor yang artinya laptop/komputer semakin lambat.

4. Bersihkan Laptop
Membersihkan laptop disini bukan hanya bagian luarnya saja tapi bagian dalam juga harus dibersihkan, tidak usah terlalu sering karena kurang baik, cukup bersihkan jika laptop terasa cepat panas atau suara kipas mulai mendengung, perhatikan juga bagian thermal paste, gel yang berada di processor ini sangat penting karena menjadi pendingin dari processor, meskipun menurut saya kurang efektif. Jika kalian kurang paham masalah bongkar-membongkar laptop saya sarankan datang ke tempat service terdekat atau minta bantuan teman yang paham di bidang ini, atau jika laptop kalian acer 4732z bisa menghubungi saya melalui facebook, mungkin saya bisa sedikit membantu.

5. Kurangi Aplikasi
Pengguna laptop lawas biasanya hanya menggunakan laptopnya untuk keperluan tugas seperti mengetik, browsing artikel, nonton film dll maka dari itu agar performa laptop selalu lancar kurangi aplikasi2 yang dirasa tidak penting terutama aplikasi yang berjalan di belakang layar.

6. Tidak usah neko-neko
Sama seperti tips nomer 5, jangan bebani perangkat tua Anda dengan tema atau aksesoris yang nantinya membebani laptop, menurut saya tips ini paling penting karena awet atau tidaknya suatu perangkat tergantung penggunanya, untuk pengguna laptop lawas harusnya sadar jika perangkat yang sedang digunakan tidak bisa menampung semua keinginan pengguna, jika masih neko-neko saya sarankan ganti laptop keluaran terbaru.

7. Mulailah menabung untuk membeli laptop baru
Yang terakhir ini bukan tips melainkan hanya saran dari saya, karena laptop lawas tidak selamanya bisa mendukung aktivitas kita, maka sudah seharusnya mengganti ke teknologi terbaru yang pastinya dibuat agar kehidupan kita lebih efektif dan efisien.

Mungkin hanya itu yang bisa saya share, seperti biasa sekian dan terimakasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Merawat Laptop Jadul / Lawas dengan Mudah"