Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Pilek

hidung tersumbat

Hidung mampet memang sangat mengganggu aktivitas sehari hari, meskipun terkesan sepele tapi jika tidak segera diobati efeknya tidak baik untuk tubuh dan pikiran. Kepala pusing, demam, tidak enak badan, badan terasa lelah, wajah dan telinga seperti ada tekanan, suara serak dan lain-lain merupakan gejala-gejala yang dialami penderita pilek. Apalagi saat ngobrol dengan teman, ingus yang selalu keluar masuk pasti bikin ngga pede. Saat mau tidur juga sangat mengganggu, tidur yang harusnya bisa nyaman terganggu karena hidung mampet yang akibatnya akan kesulitan bernafas. 

Pilek sendiri disebabkan oleh Human rhinovirus (HRV) yaitu kelompok paling banyak menyebabkan penyakit ini. Selain itu, ada beberapa virus lain juga yang menyebabkan pilek seperti adenovirus, coronavirus, respiratory syncytial virus (RSV), dan human parainfluenza virus (HPIV).

Virus sendiri bisa menular ke tubuh kita melalui hidung, mata, mulut. Penyebabnya terjadi karena masuknya percikan pelik melalui bersin yang masuk kedalam bagian2 tubuh tadi, medianya juga bisa melalui sentuhan atau benda-benda yang disentuh penderita pilek guys. So, saat kalian terkena pilek jangan lupa pakai masker dan jangan lupa bawa sapu tangan ya agar penyakit ini tidak menular ke orang-orang terdekat kalian.

Berikut cara cepat mengatasi hidung mampet guys
1. Tempelkan dan tekanlah lidah anda ke langit-langit. Jangan menekan hanya pada satu titik, tetapi pada bidang yang luas (seakan akan mendorong). Kemudian gunakan jari anda untuk menekan bagian kening diatas alis mata anda. Tahan selama 20 detik dan kemudian lepas.

2. Menggunakan semprotan saline untuk mengencerkan lendir sehingga meredakan hidung tersumbat. Semprotan ini dijual bebas di apotek guys, tapi sebelum menggunakan semprotan ini lebih baik diskusikan dulu dengan dokter karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan mengakibatkan lapisan hidung rusak loh.

3. Makanan pedas dapat membuat lendir menjadi keluar dengan sendirinya sehingga hidung mampet menjadi plong dan nyaman. Sediakan juga tisu atau sapu tangan guys karena bukan cuma lendir yang keluar dari hidung tapi kepala juga banjir keringat.

4. Saat tidur posisikan kepala lebih tinggi dari badan sehingga lendir yang terjebak di hidung bisa keluar dengan mudah. Selain itu, cara ini juga membuat tidur lebih nyenyak karena tidak terganggu hidung yang mampet.

5. Minum air hangat atau wedang jahe bisa membuat hidung tersumbat plong dengan cepat karena mempunyai fungsi yang sama seperti makan makanan pedas.

6. Gunakan balsem untuk bagian-bagian tubuh yang merasa terganggu karena pilek seperti leher, hidung, dan dada. Untuk hidung oleskan tepat dibawah lubang hidung sehingga aroma dari balsem bisa langsung dihirup dengan efektif.

Itu tadi adalah cara mengatasi hidung tersumbat yang cukup efektif. Segeralah minum obat jika pilek yang anda derita sudah sangat mengganggu aktivitas Anda. Seperti biasa sekian dan terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Pilek"