Review Zola Intelligence Auto Power Off

Review Zola Intelligence Auto Power Off

Hari ini paket yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sebuah kabel data merek zola dengan kemampuan auto cut / auto power off daya saat sedang mengisi.

Sudah lama memang saya mencari charger atau cara agar listrik yang dialirkan charger bisa putus sendiri saat baterai sudah dalam kondisi full.

Sampai akhirnya, ada sebuah grup xiaomi di facebook yang sedang membahas tentang fitut auto cut pada perangkat xiaomi. Dari beberapa komen saya sangat tertarik dengan penjelasan salah satu member grup yang mengaku menggunakan kabel auto cut agar daya baterai yang terisi tidak berlebihan. Member tadi juga memberikan reviewnya dengan sangat detail sehingga pembaca khususnya saya sangat tertarik membacanya.

Harga kabel data ini pada awal releasnya memang cukup mahal untuk sebuah kabel data. Saya sendiri mendapatkan kabel zola ini dengan harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan teman-teman yang lain, yaitu 49 ribu. Untungnya lagi saat itu saya mendapatkan potongan ongkir 20 ribu jika menggunakan ekspedisi Ninja Express.

Saya ngga perlu pikir panjang setelah lihat barang yang saya cari ada di bukalapak, plus harga yang saya dapat lebih murah dari olshop yang lain.

Beberapa teman di grup mendapatkan kabel ini dengan harga bermacam-macam mulai dari 70 ribu sampai 80 ribu. Sehingga saat saya melihat salah satu lapak di BL (Bukalapak) yang menjual kabel ini dengan harga yang miring, saya ngga perlu pikir panjang.

Oke langsung saja..

Wadah kabel ini bisa sobat liat pada gambar yang sudah saya cantumkan.

Pada bagian depan tertera fitur-fitur yang ada pada kabel ini, yaitu fast charging 2.1A (max), LED flash, Auto Power Off, dan yang terakhir sync data.

Cara peletakannya juga cukup baik menurut saya, apalagi untuk sebuah kabel data / USB. Setelah di tutup dengan kerdus, kabelnya juga ditutup oleh plastik yang membuat kualitas kabel data tidak berkurang karena faktor luar.

Ukuran kabel zola cukup panjang, yaitu 1 meter. Pada bagian ujung colokan ke hp terdapat lampu LED seperti yang tertera pada wadah.

Jika saya bandingkan dengan kabel data bawaan hp, USB zola memang lebih cepat dalam mengisi daya smartphone. Saya tidak mengitung tepatnya berapa lama, tapi yang saya rasakan memang berbeda dari segi kecepatan mengisi.

Zola Intelligence Auto Power Off


Oke sekarang tesnya..

Setelah wadah saya buka, langsung saja saya lakukan charger menggunakan kabel zola.
Keadaan hp pada waktu charger dalam kondisi mati dan saya menggunakan charger bawaan asli xiaomi redmi 5a.

Tibalah saat yang ditunggu-tunggu. Presentase baterai menunjukan angka 100% yang artinya saya akan segera melihat fungsi dari kabel ini yang ternyata tidak langsung memutuskan daya setelah baterai full.

Sebenernya saya ngga begitu kaget ketika kabel zola tidak memutuskan aliran listrik saat baterai sudah dalam kondisi full. Karena teman saya di grup sebelumnya sudah menjelaskan jika kabel ini akan memutuskan daya setelah 10-15 menit setelah baterai full (100%). Artinya kabel butuh waktu beberapa menit sebelum akhirnya aliran listrik benar-benar putus.

Tes yang saya lakukan akhirnya berhasil sesuai dengan apa yang teman saya katakan. Setelah aliran listrik terputus, otomatis lampu LED pada kabel USB juga akan mati dengan sendirinya.

Info tambahan. Tes diatas saya lakukan di smartphone xiaomi redmi 5a dengan output charger 1A. Fitur kabel yang katanya bisa fast charging akan benar-benar berfungsi jika perangkat yang sobat gunakan memang mendukung fast charging ditambah dengan kepala charger yg juga mendukung.

Oke sekian review yang saya bisa share, jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar. Terimakasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Review Zola Intelligence Auto Power Off"