Apa kekurangan akun google drive unlimited?

google drive unlimited

Belakangan ini memang banyak orang yang sedang tertarik dengan akun google drive unlimited, termasuk saya. Dengan hanya menggunakan email yang berekstensi dot edu (.edu) kita sudah bisa menikmati berbagai fasilitas dan diskon yang diberikan situs-situs besar, seperti Microsoft, Amazon, Github. dll. Tidak tanggung tanggung , google berani memberikan akses storage unlimited bagi pemilik email dengan embel-embel .edu. Memang dalam kenyataannya akun ini tidak sepenuhnya unlimited. Kapasitas yang google berikan lah yang membuat fasilitias ini bisa dibilang unlimited, yaitu sebesar 5TB. Pertanyaannya siapa yang mau menghabiskan kuota penyimpanan sebesar itu? Saya rasa hampir mustahil dilakukan, khususnya di Indonesia. Dengan kuota yang begitu besarnya, saya rasa pantas saja jika google drive unlimited bisa dikatakan "unlimited" karena memang ukurannya sangat besar untuk sebuah akun "cloud storage".

Kembali lagi kepada judul, apakah dengan kapasitas sebesar itu tidak ada celah atau kekurangan dalam akun google drive yang kita punya? Setelah saya telusuri ternyata sangat disayangkan sobat. Email .edu yang kita gunakan untuk melakukan aktifitas di internet ternyata bisa sewaktu waktu diawasi, artinya penyedia email tadi mempunyai hak akses penuh pada aktifitas kita dengan email itu, yang dalam hal ini adalah penggunaan google drive.

Jika sobat perhatikan dibagian pojok kanan atas, tepatnya pada tombol foto yang biasanya untuk log out, disitu tertera kalimat yang kurang lebih seperti ini "This account is managed by....". Dari kalimat singkat itu akhirnya saya menemukan jawaban tentang keraguan saya dengan google drive unlimited. Saya coba klik learn more dan jelas sudah kebijakan-kebijakan apa saja yang harus kita perhatikan saat menggunakan email .edu, sobat bisa membacanya pada tautan berikut ini.

So, email ini rasanya kurang cocok untuk menyimpan file yang mempunyai privasi bagi sobat, seperti foto dan lain2.

Apakah email dan akun google unlimited masih bisa kita maanfaatkan? Jawbannya tentu saja bisa. Berikut penjelasannya.

Cara dibawah ini sebenernya hanya coba-coba dan saya tidak menjamin tips ini akan berhasil 100% menjaga data data kita dalam google drive unlimited, tapi saya sangat menyarankan, toh tidak ada ruginya sobat mencobanya dulu.

Kembali kita membahas email dengan ekstensi dot edu (.edu). Sebenarnya email apa ini? Biasa digunakan untuk apa?

Oke. jadi berdasarkan apa yang saya ketahui, email .edu adalah email yang ditujukan untuk pelajar-pelajar yang digunakan sebagai identitas kampus mereka. Kalau di Indonesia email untuk pelajar bisa berbeda, khususnya untuk mahasiswa, mereka akan mendapatkan email dengan ekstensi .sch.id dari kampusnya, ini selaras dengan domain yang banyak digunakan untuk kampus-kampus di Indonesia. Kegunaannya juga palingan hanya untuk login ke website kampus, melihat info seputar akademik dan lain-lain. Sepertinya begitu.

Langsung aja ke tips yang tadi saya janjikan.

Mungkin saja sobat takut jika setelah mengupload di google drive unlimited file sobat akan di hapus oleh penyedia email yang sobat gunakan. Menjawab kekhawatiran tadi, saya akan coba memberikan tips agar file dan privasi sobat akan terjaga meskipun menggunakan email yang diawasi pihak lain. Cekidot.

Buatlah minimal 5 folder dengan nama yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan atau pelajaran. Misalnya, mathematics, sains for everyone, geography Imprtant, dan nama-nama lain yang sekiranya ada hubungan dengan pendidikan. hehe. Setelah membuat folder tadi, isikan file ke dalamnya. Saran saya masukkan file yang ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan. Terserah sobat mau memasukkan apa, video, foto, file .pdf dll. Minimal 3 file saja.

Setelah itu carilah minimal 5 file pelajaran yang berekstensi .pdf, .doc, atau file presentasi seperti power point. Upload file-file tadi di akun sobat tapi jangan di dalam folder, diluar saja.

Jika sobat mau berkreasi sendiri, sobat bisa mencari gambar-gambar pemandangan dan silahkan sobat upload dalam akun google drive unlimited sobat.

Jadi....

Inti dari langkah-langkah di atas adalah agar akun google drive kita tidak dicurigai. Dengan menambahkan file2 pelajaran Insya Allah mereka akan nganggep kalo kita bener-bener pelajar. hehe. Jangan juga mengupoad file yang mencurigakan di akun sobat.

Cara Selanjutnya.

Dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar, mubazir rasanya kalo tidak dimaksimalkan dengan baik. Maka dari itu kita lanjut ke langkah berikut.

Sekali lagi ini hanya saran dari saya, saya tidak menjamin file yang sobat upload 100% aman dari penyedia email yang sobat gunakan, tapi ini patut dicoba.

Saat akan mengupload file yang isinya cukup penting, atau mungkin berisi privasi. Sebelumnya masukkan file-file tadi ke dalam winrar.

Setelah itu jangan lupa aktifkan "Set Password" untuk file yang sobat buat tadi.

Setelah file rar tadi sudah jadi dan untuk menambah dobel keamanan, enkripsi file sobat menggunakan aplikasi enkripsi file yang banyak tersedia di Internet. Tapi untuk urusan ini saya lebih menyarankan menggunakan AxCrypt2Go untuk mengenkripsi file sobat. Link nya bisa sobat dapatkan di sini.

Langkah-langkah enkripsinya saya rasa cukup mudah. Dengan membuka aplikasinya saya rasa sobat langsung paham.

Sebenarnya sudah cukup jika sobat tidak mengenkripsi file winrar yang dibuat. Cukup Set Password saja sudah cukup sebenernya.

Jika langkah langkah diatas sudah selesai, rename file yang sobat buat tadi menjadi nama-nama yang sekiranya ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan atau pelajaran. Masih sama seperti yang saya katakan tadi, ini tujuannya agar file tersebut tidak dicurigai. hehe

Setelah itu silahkan upload.


Semoga bermanfaat. Jangan lupakan passwordnya!!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa kekurangan akun google drive unlimited?"