Tips Hemat Untuk Anak Kos

anjas pramana, anggit arya, muhammad khozinul affan, ubay khamdzi

Selamat pagi sobat.

Seperti judul postingan kali ini, saya akan membahas beberapa tips dan pengalaman saya tentang bagaimana cara menghemat uang buat anak kos. Sebelumnya saya juga mau bilang, kalau tips atau pengalaman yang saya sampaikan dalam potingan ini bedasarkan pada biaya hidup di kota pekalongan dan sekitarnya. Tapi semoga isi dari postingan bisa mencakup semua daerah  anak kos di Indonesia. hehe.

Oke sedikit cerita.

Anak kos itu emang keinginannya banyak banget, apalagi kalau lagi nggak ada uang. bener ngga?
Sebenarnya kebutuhan anak kos sendiri nggak banyak2 amat, tergantung orangnya aja boros apa engga. Kecuali kalau kalian ngekosnya di amerika, yaa pasti biaya hidupnya jauh lebih mahal. Kalau di Indonesia sendiri khususnya saya di jawa tengah, saya rasa biayanya hampir-hampir sama lah, tinggal pinter2 kitanya aja buat ngatur keuangan.

Okay langsung aja deh, berikut tips2nya buat sobat.

Yang pertama, jangan gengsi. Sebenernya saya nggak perlu lagi njelasin maksudnya jangan gengsi itu gimana tapi ya karena saya pengen cerita jadi saya lanjutin aja. Kalau sobat memang bertekad untuk menjadi anak kos yang hemat, sobat harus buang jauh-jauh yang namanya gengsi. Buat mereka yang bener2 hemat, mereka ngga peduli mau makan dimana, ngekos dimana, belanja apa, nongkrong dimana selama itu baik mereka akan enjoy-enjoy aja. Nggak usahlah maksain hura-hura kalau memang keadaan dompet nggak mendukung. Apalagi ngikutin temen-temen yang sukanya njajan dan seneng-seneng. Kalau sobat memang pengen hemat, sobat harus kurangin yang namanya buang2 uang buat sekedar keinginan, fokus aja sama kebutuhan. Tapi kalau kebutuhan sobat udah terpenuhi semua bolehlah uangnya buat refreshing.

Kedua, cari kosan yang deket kampus. Kosan yang deket kampus sudah jelas bisa menghemat pengeluaran, terutama bensin. Selain itu, kosan yang deket kampus juga bisa menyehatkan badan karena sobat akan sering jalan kaki. hehe

Ketiga, menggunakan galon. Anak kos identik dengan kebiasaan minum es teh, atau kalau ditempat saya biasa temen2 mesennya teh jus. Sebenernya nggak ada yang salah dari kebiasaan beli es teh, tapi kalau dihitung-hitung menggunakan galon jauh lebih murah dan pastinya lebih sehat, karena minum es teh berlebihan juga kurang baik.

Keempat, sarapan energen. Ini bukan promosi loh, cuma saran aja dari saya. Sarapan dengan energen terbukti bisa menghemat pengeluaran anak kos. Apalagi harga energen cukup murah, serenteng, isi 10 cuma 12 ribu. Selain itu, energen sangat mudah dibuat, sehingga bisa membantu anak kos yang biasa bangun kesiangan atau males keluar setelah bangun tidur. Minum energennya pas sarapan aja ya. Jangan makan siang dan malem juga pake energen.

Kelima, nggak usah keseringan nyedian jajan buat temen yang dateng ke kosan. Mungkin ada diantara sobat yang ngerasa nggak enak kalau ada temennya main di kosan, tapi ngga ada cemilan untuk di makan. Kalau sobat lagi ada uang atau rezeki ya nggak masalah, yang penting jangan keseringan juga. Ingat sobat anak kos yang ingin hidup hemat. Daripada untuk beli cemilan, mending uangnya untuk kebutuhan yang lain. Temen-temen sobat pasti mengerti kok. Intinya nggak usah keseringan. Sekali-kali boleh lah.

Keenam, cari kosan yang murah. Kosan murah juga bagus. Perhatikan juga fasilitas yang ada di dalamnya. Kebersihan paling penting. Untuk kosan yang saya tempati, tepatnya di pekalongan. Biaya kos di sini relatif, ada yang mahal dan ada yang mahal sekali, sobat tinggal pilih, hehe. Untuk kosan yang saya tempati, harganya sudah cukup murah dibandingkan dgn kosan di deket kampus saya, perbulannya 300 ribu dengan fasilitas yang sangat cukup buat saya, kamar mandi dalam, WIFI, kasur spring bed, TV (barengan), lemari, kipas,  luasnya juga cukup untuk dipakai 2 orang, jadi bisa patungan 150 ribuan. Untuk tidur juga luas kamar disini muat untuk lima orang, tapi ya sisanya pakai karpet.

Ketujuh, jangan keseringan beli kebutuhan di superkampret, eh maksudnya supermarket. Kalau sobat mau beli kebutuhan saya sarankan ke warung-warung sembako aja, disana harganya lebih murah dari supermarket.

Kedelapan, puasa. Penelitian sudah membuktikan, berpuasa bisa menghemat pengeluaran anak kos. Tinggal pilih, mau puasa senin-kamis atau puasa daud. Kalau menurut saya, puasa daud lebih efektif menghemat pengeluaran anak kos. hehe

Kesembilan, makan secukupnya. Kalau gorengan sama sayur aja udah cukup, ngga usahlah keseringan makan ayam atau yang mahal-mahal. Tapi gizi juga harus di perhatikan loh. Seminggu sekali atau dua kali bolehlah makan ayam atau ikan. Jangan lupa juga buah.

Terakhir, berwirausaha.

Mungkin itu saja yang bisa saya share. Seperti biasa, sekian dan terimakasih.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tips Hemat Untuk Anak Kos"

Anonim mengatakan...

Anjir, kost punyamu kok murah banget bro.. fasilitasnya juga kengkap

Mas mengatakan...

hahaha