4 Gerakan Tangan dalam Bahasa Tubuh

detectivconan.wikia.com
Dari sekian banyak gerakan pada tubuh seseorang cobalah amati mana yang merupakan bahasa tubuh, dan mana yang hanya gerakan biasa yang tidak mengandung arti apa-apa. Misalnya gerakan tangan, kita sering tidak menyadari bahwa ternyata tangan memegang peranan sangat penting dalam bahasa tubuh.
Gerakan tangan bisa mengandung banyak arti seperti juga gerakan-gerakan yang diperlihatkan oleh bagian tubuh lainnya. Akan tetapi, gerakan tangan sebagai isyarat tubuh ini tidak dapat dibaca sinyal yang dominan. Gerakan-gerakan oleh tangan umumnya merupakan penegas atau komplen dari sinyal utama yang terlihat pada wajah.

1. Memainkan Kacamata
Kita sering melihat seseorang menggigit ujung kacamatanya sambil sesekali mengeluarkannya dari mulut, lalu memasukannya kembali dan seperti ingin menggigitnya sampai patah. Sekilas, gerakan ini tidak mengandung arti apa-apa dan sering dianggap sebagai suatu kebiasaan. Padahal, gerak isyarat ini menandakan bahwa orang tersebut ingin mengullur-ulur waktu sampai dia merasa nyaman dan siap mengambil keputusan. Selama gerakan ini berlangsung selama itu pula dia masih bimbang serta menentukan keputusannya. Dan seorang negosiator ulung akan memanfaatkan waktu ini dengan baik.
Sebelum kacamatanya dipakai kembali, jangan sesekali menyudahi pembicaraan, sebab sebelum kacamatanya dipakai, dia belum mengambil keputusan.

2. Mengusap Dagu
Ketika seseorang mulai menempelkan tangannya di dagu dan mulia mengusapnya perlahan, inilah isyarat telah dimulainya proses mengambil keputusan. Gerakan ini menunjukan sedikit banyak arti yang mitip dengan gerak menggigit kacamata. Hanya saja gerakan ini dilakukan oleh orang yang tidak berkacamata.

3. Tangan di Pinggang
Gerakan ini menunjukan keagresifan dan kesiagaan seseorang terhadap lingkungannya. Wanita biasanya meletakkan tangannya di pinggang sambil menyingkapkan jas atau baju luarnya. Dan jika Anda menemukan wanita dengan gerak isyarat seperti ini, wanita tersebut hendak menyerang Anda secara agresif. Tetapi menyerang disini bukan dalam arti sebenarnya, melainkan dalam maksud memberi pendapat, pengaruh, dan lain-lain.

4. Memasukan Ibu Jari ke Saku Depan
Gerak isyarat ini menunjukan agresifitas secara seksual, jika terjadi pada dua orang atau lebih dari jenis kelamin yang berbeda. Jika seorang pria menunjukan gerakan ini dihadapan seorang wanita, pria tersebut ingin menyerangnya secara seksual. Demikian pula sebaliknya.
Tapi, bagaimana kalau dua orang pria melakukan gerakan ini???
Kemungkinan pertama mereka mengalami kelainan seksual, sedangkan kemungkinan kedua, bisa terjadi perkelahian diantara mereka berdua tidak lama lagi.

Perlu diingat, tidak semua gerakan seseorang menunjukan arti atau maksud tertentu, bisa saja itu merupakan kebiasaan yang keluar ketika seseorang sedang berinteraksi dengan lawan bicaranya. Tapi tidak ada salahnya kita tetap waspada dengan bahasa tubuh yang diberikan lawan bicara.

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Gerakan Tangan dalam Bahasa Tubuh"