Cara Menjalankan Linux Melalui Flashdisk

Assalamu'alaikum Wr Wb

Mungkin OS linux sekarang sudah bukan sesuatu yang membingungkan apalagi semenjak pemerintah menyarankan untuk menggunakan OS ini. Yang pertama kali membuat saya jatuh hati kepada Linux karena tampilannya yang membuat mata tidak bosan memandang, dari situ saya coba mencari artikel-artikel tentang linux dari berbagai macam distro mulai dari slitaz, puppy, ubuntu, dan sampai akhirnya saya memilih Lubuntu sebagai pasangan saya untuk menjalani hari-hari yang keras ini. Lubuntu mendukung desktop LXDE (Ringan Desktop Environment atau Ringan Desktop Environment), sisanya bisa browsing sendiri di Google. Kembali lagi ke topik awal, mungkin Anda bertanya-tanya apakah Linux bisa dijalankan melalui Flashdisk? tentu saja bisa, pada dasarnya fungsi flashdisk sama dengan hardisk. Berikut tutorialnya.
  1. Pertama bagi anda pengguna windows bisa download Unetbootin disini
  2. Bagi yang belum memiliki CD ISO Image dari distro linux bisa dicari sendiri di google. (cari yang format ISO). sebenarnya bisa download Linux melalui Unetbootin, di aplikasi ini juga sudah tersedia berbagai macam distro linux yang siap di download, tapi saya tidak menyarankan Anda mendownload dengan karena proses downloadnya lebih lama, coba anda menggunakan download manager seperi IDM. Terus menurut pengalaman saya, jika mendownload Linux melalu aplikasi ini Linux yang di download bukan versi baru, dan pastinya kita semua menginginkan sesuatu yang terbaru bukan.
  3. Setelah itu masukan flashdisk yang sudah diformat sebelumnya.
  4. Jalankan Unetbootin (aplikasi ini tidak perlu di install / portable).
  5. Pilih DiskImage - ISO - lalu masukan file Linux yang tadi sudah di download, bagi yang ingin mendownload melalui aplikasi ini bisa pilih Distribution - Select Distribution - Select Version lalu klik OK.
  6. Lanjut cara sebelumnya, setelah memasukan file Linux yang akan di instal pilih USB Drive dan pilih drive mana yang akan di install Linux. Lalu klik OK tunggu sampai selesai.
  7. Selelah itu reboot.
  8.  Lalu masuk bios (pada laptop saya acer 4732z klik f2) mungkin setiap laptop berbeda.
  9. Setelah itu jadikan USB sebagai prioritas pertama lalu save changes.
  10. Selesai, Anda mempunyai Linux yang bisa anda bawa kemana-mana tanpa repot. Mungkin anda mau coba di Laptop teman anda atau di warnet Up to You.
Sekian Cara Menjalankan Linux Melalui Flashdisk, mungkin akhir-akhir ini saya akan lebih sering share tentang Linux, maka dari itu kunjungi terus Krisnanda Go Blog. Terimakasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menjalankan Linux Melalui Flashdisk"